Buku ini berisi tentang pendekatan kepemimpinan strategis yang mengedepankan visi jangka panjang melalui konsep “Future Back Leadership,” yaitu sebuah metode untuk merumuskan strategi yang dimulai dari gambaran masa depan yang diinginkan dan kemudian menelusuri langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya. Buku ini menekankan pentingnya berpikir visioner untuk mengatasi tantangan bisnis yang kompleks dan memperkenalkan model-model untuk merencanakan inovasi terobosan, menciptakan pertumbuhan signifikan, dan memastikan relevansi perusahaan di masa depan.
Buku ini membahas bagaimana strategi kompetitif masa depan dipengaruhi oleh data dan ekosistem digital. Garis besar isi buku membahas tentang bagaimana perusahaan dapat memanfaatkan data secara efektif untuk menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Buku ini juga mengeksplorasi pentingnya membangun dan berpartisipasi dalam ekosistem digital, di mana kemitraan dan kolaborasi lintas industri memungkinkan inovasi yang lebih cepat dan pertumbuhan yang lebih kuat. Buku ini menawarkan wawasan tentang bagaimana bisnis bisa beradaptasi dan bersaing di era yang didominasi oleh data dan transformasi digital.